Monday, June 2, 2008

Japanese Cheese Cake

Ini salah satu buah dari kegiatan promosi, akhirnya ada juga yang memesan cheese cake ini . Sudah lama ingin membuat cake yang satu ini...sebuah cake yang konon terkenal dengan kelembutannya dan juga rasanya yang segar. Jadi inget dulu pernah titip sepotong cake ini di bakery yang terkenal, titipnya benar - benar sepotong karena kepingin sekali tapi lagi ngga punya duit he..he... lalu ada temen lain yang juga ikut - ikutan titip sepotong juga ha..ha..begini nih kalo nafsu besaaar kemampuan kurang. Akhirnya dinikmatilah sepotong cake tadi nyesss....lalu kita saling memandang....lalu temenku itu tanya "bagaimana..? enak ya? (minta dukungan)" ya enaklah masak ya enak sih.... makin lama kok makin ngaco ya ngomongnya.
Tidak tahu juga kenapa diberi nama dengan embel - embel Japanese tapi memang cheese cake ini mempunyai beberapa style salah satunya American style dan perbedaan style ini baik cara membuat maupun rasanya menjadi tidak sama. Ya sudahlah kalau memang tidak tahu cerita lengkapnya tidak usah diteruskan, sekarang lanjut saja ke bagian resep dan cara pembuatannya.


Resep :
60 gr unsalted margarine
120 ml whiped cream
250 gr cream cheese
50 gram tepung terigu
50 gram tepung maizena
3 butir kuning telur
1 butir telur utuh
2 sdt kulit jeruk lemon (parut)
5 butir putih telur
150 gr gula castor
1 sdt air jeruk lemon


Cara membuat :
1. masak dengan api kecil sampai mendidih mentega + whiped cream + cream cheese, aduk - aduk sampai halus angkat biarkan smpai uapnya hilang.
2. Masukkan campuran terigu dan maizena yang sudah diayak kedalam adonan secara bertahap, aduk sampai tercampur rata.
3. masukkan kuning telur dan telur utuh satu persatu sampai tercampur rata.
4. Masukkan parutan kulit jeruk lemon, aduk .
5. Ditempat terpisak, kocok putih telur dimasukkan gula secara bertahap dan air jeruk lemon, kocok sampai membentuk kerucut tumpul (soft peak).
6. Masukkan 1/3 bagian kedalam adonan cream cheese, aduk rata lalu tuang kedalam sisa adonan putih telur, aduk smpai benar - benar tercampur.
7. tuang kedalam loyang yang telah dialasi kertas dan dioles mentega.
8. Panggang dengan cara au bain mary dalam oven +/- 75 menit dengan suhu +/- 150 celcius sampai permukaan berwarna kuning keemasan.

Penyelesaian :

Keluarkan cake dari loyang ketika sudah benar - benar dingin, olesi permukaan cake dengan selai apricot untuk memberi kejutan lain dari rasa cake ini. Dapat pula ditambahkan buah - buahan seperti peach, strawberry atau jeruk mandarin sesuai selera masing - masing.

2 comments:

  1. mbak.. cakenya keliatan sueger banget ya.. jd pengin jilatin monitor.. hehehe.. btw, rapih banget bikin spuitnya.. ajarin dong.. smoga sukses terus ya..

    ReplyDelete
  2. eits jangan sampe jilatin dong...bikin aja bikin gampang kok

    ReplyDelete