Friday, April 11, 2008

Sus ku mentul - mentul

Kue yang satu ini terhitung gampang membuatnya, bahan - bahannya pun cukup mudah didapat. Hal - hal yang perlu diperhatikan adalah penggunaan tepung terigu protein tinggi dan juga saat pengovenan. Jangan pernah membuka oven sekalipun sampai kue benar - benar matang dan kering bagian dalamnya. Apabila masih terdapat buih - buih kecil saat pengovenan berarti kue belum matang. Setelah matang segera pindahkan kue dari loyang ke rak kawat agar uap panasnya cepat hilang. Untuk bentuknya kita bisa menggunakan spuit atau hanya dengan cara menyendokinya ke loyang yang telah diolesi mentega, besar kecilnya tergantung selera masing - masing. Ingin mencoba, berikut saya bagi resepnya.

Bahan Kulit
sumber : Dapur bunda

250 cc air
100 gram mentega
1/4 sdt garam
130 gram terigu protein tinggi ( cakra kembar )
4 butir telur

Cara membuat :
Masak air, mentega, garam sampai mendidih, masukkan terigu sekaligus aduk hingga tercampur rata. Angkat dan aduk terus hingga kalis dan suhu menjadi hangat - hangat kuku. Masukkan telur satu persatu, aduk dengan bantuan mixer sampai tercampur rata.
Masukkan adonan dalam plastik segitiga, cetak dengan atau tanpa bantuan spuit atau dengan cara disendoki langsung keloyang. panggang dalam oven dengan suhu 180 - 200 celcius sampai kecoklatan. Keluarkan lalu pindahkan ke rak kawat, biarkan dingin.



Bahan Vla :
200 cc susu cair
60 gram gula
50 gram tepung maizena
1 butir kuning telur
1/2 sdt garam
50 ml whipcream

Cara membuat Vla :
Larutkan tepung maizena dengan sedikit susu, sisihkan. Kocok kuning telur dengan sedikit susu, sisihkan. Rebus sisa susu, gula, garam, vanila hingga mendidih. Masukkan larutan maizena, aduk. Masukkan lagi cairan kuning telur, aduk. masukkan whipcream aduk sampai meletup - letup. Angkat dan aduk terus hingga uap panasnya hilang.


Cara penyajian :
Gunting bagian tengah bawah sus (jangan sampai putus), isi dengan vla. Siap disajikan.

4 comments:

  1. Potona mana B'..? saya ijin print resep-nya ya B' Wien.. terima kasih..

    ReplyDelete
  2. Mbak Wien, salam kenal yaaa (sesama Okers niy)
    Hidup Soes !!! hehehehe

    ReplyDelete
  3. Mbak Ira salam kenal juga...hidup soes!!!

    ReplyDelete
  4. artikel anda bagus dan menarik, artikel anda:
    Artikel kuliner terhangat
    Artikel anda di infogue

    anda bisa promosikan artikel anda di http://www.infogue.com/ yang akan berguna untuk semua pembaca. Telah tersedia plugin/ widget vote & kirim berita yang ter-integrasi dengan sekali instalasi mudah bagi pengguna. Salam!

    ReplyDelete