Monday, May 19, 2008

It's Opera Cake

Jalan - jalan ke blognya tetangga, terlihat lebih hijau dari blog sendiri. Coba ganti template warna dark kok sepertinya warna ini lagi 'in' hmm oke juga, terlihat lebih teduh dan photo makanannya jadi menonjol. Mau edit HTML kok males, itu 'read morenya...'nya ngga fungsi gara - gara dulu pernah ganti template tapi lupa ngga copy HTMLnya kejadian deh berantakan.

Ada teman yang minta dibuatkan special cake sebagai ucapan terima kasih kepada seseorang atas keberhasilannya, permintaannya apa aja terserah dakuw...terinspirasi dari obrolan teman - teman dimilis NCC akhirnya belum memutuskan tapi mencoba uji resep cake yang satu ini 'opera cake' . Untuk cover chocolate ganachenya menurutku kurang kental setelah ditambahi susu cair karena sebelumnya kekentalan.


Resepnya didapat dari webnya NCC .
Seperti biasa gulanya dikurangi 40 gram karena cake ini dominan manis dari coklat ditiap lapisannya. Ada aroma dan rasa kopi meski samar - samar, mungkin kalau nyiram larutan kopinya lebih banyak aromanya akan lebih keluar atau mungkin merk kopinya yang perlu diganti...he..he gini nih kalau bukan penggemar kopi jadi bingung sendiri enaknya gimana ?

Berikut resepnya :
Bahan A :
15 butir kuning telur
5 butir telur utuh
200 gr gula kastor ( saya 160 gr saja )
125 gr tepung terigu
20 gr tepung maizena
15 gr emulsifier
250 gr almond bubuk

Bahan B :
90 gr mentega
90 gr margarine
1 sdm rhum ( optional )
1 sdm susu kental manis

Bahan C :
500 ml air panas
40 gr coklat bubuk
100 gr gula pasir
3 sdm rhum ( optional )

Bahan D : chocolate ganache
500 gr DCC
200 gr whipped cream
30 gr butter

Cara membuatnya :
1. Bahan B : lelehkan mentega dan margarin, tuang susu kental manis, aduk rata, sisihkan.
2. Bahan C : Campur jadi satu aduk hingga gula larut, sisihkan.
3. Bahan A : kocok gula, telur dan emulsifier hingga kental mengembang, campur tepung terigu dan maizena, ayak diatas adonan telur lalu taburkan juga almond bubuk, aduk rata, masukkan bahan B, aduk hingga rata, tuang kedalam 3 loyang ukuran 30x30 cm, oven hingga matang, sisihkan.
4. Penyelesaian :
Lepas cake dari loyang, basahi dengan bahan C. Susun cake diatas alas lapisi dengan bahan D, ratakan. Tumpuk lagi dengan lapisan berikutnya oles lagi dengan bahan D. tumpuk lagi dengan dengan cake dan oles lagi dengan bahan D , licinkan. Hias sesuai selera.



No comments:

Post a Comment