Wednesday, June 18, 2008

B A N A N A C A K E

Pagi - pagi ngobrol sama suami sembari minum teh sembari menikmati cake pisang, wuih nyaman rasanya tapi ya itu tadi mana bisa berlama - lama kan mesti buru - buru ngantor. Masuk jam 7.00 jam 6.00 berangkatnya. Yaaahh sudahlah, akan tiba waktunya....
Kembali ke topiknya, saya menggunakan jenis pisang Ambon untuk membuat cake ini, karena pisang ini manis rasanya dan kalau ingin menguatkan aroma pisang bisa ditambahkan essence pisang secukupnya kalaupun tidak aroma pisangnya sudah keluar kok. Pisangnya juga harus yang sudah betul - betul matang ( kulitnya agak hitam ) Berikut saya bagi resepnya untuk dicoba dirumah, kalau ngga sempet boleh pesan kok.. gampang kan.

Bahan :
6 butir telur
150 gr gula castor
150 gr tepung terigu
5 sdm susu bubuk full cream
1/2 sdt baking powder
150 gr margarine ( cairkan )
3 buah pisang ambon ( haluskan )

Cara membuat :
Kocok telur dan gula sampai mengembang dan berwarna putih, masukkan pisang yang telah dihaluskan aduk rata. Masukkan campuran terigu, susu bubuk dan baking powder aduk rata. Masukkan margarine cair lalu aduk sampai benar - benar menyatu. Tuang adonan dalam loyang tulban yang telah diolesi mentega dan ditaburi tepung. panggang dalam oven dengan suhu 150 derajat celcius selama 30 menit. Angkat dan siap disajikan.


Karena pisangnya manis maka saya mengurangi takaran gula menjadi hanya 120 gram saja. Bukannya lagi ngirit tapi kalau terlalu manis cepet negg atau 'giung' kata temen saya. Urat - urat halus pada cake (lihat foto) itu adalah pisang yang telah dihaluskan tadi. Cakenya lembut lho karena memang ini termasuk jenis sponge cake.
Selamat mencoba!

1 comment: