Tuesday, April 28, 2009

UNTHUK CACING ( rumah cacing )

Rasa camilan ini manis dan renyah mirip - mirip dengan camilan akar kelapa, bahannya mudah didapat dan cara membuatnya juga mudah. Mungkin kesulitannya adalah dalam hal mencari cetakan unik dari batok kelapa ini. Tapi kalau melihat bentuknya sih bisa dibuat cuma ya perlu repot sedikit.
Bahan dasar untuk membuat camilan ini adalah tepung ketan, telur dan gula dengan ukuran masing - masing tepung ketan 500 gram, telur 4 butir dan gula 200 gram. Tambahkan vanilla secukupnya dan garam 1/2 sendok teh.
Proses pembuatannya adalah dengan mengocok telur dan gula hingga gula menjadi larut, tambahkan garam, vanilla dan tepung lalu uleni sampai kalis. Pada saat menguleni adonan, tambahkan air putih sedikit demi sedikit sampai didapat adonan yang pas. Jangan terlalu lembek karena pada saat dicetak bentuknya kurang menarik sebaliknya juga jangan terlalu keras karena saat mencetaknya akan memakan tenaga, yang 'sedang - sedang' saja :).


Adonan yang telah dicetak langsung digoreng dengan menggunakan api yang sedang saja, adonan akan mengembang pada saat digoreng biarkan sampai berwarna kuning kecoklatan. biarkan dingin terlebih dahulu sebelum disimpan dalam wadah tertutup.







No comments:

Post a Comment